Perpustakaan Zine Bandung (rilis-pers)

This slideshow requires JavaScript.

Tahun 2012 dan 2013 gelaran Bandung Zine Festival dapat terlaksana secara mandiri atas inisiatif dari kawan-kawan Network Of Friends Bandung, yaitu sebuah event yang mempertemukan banyak penggiat media alternatif (fanzine) seperti pembuat zine, distributor zine, penerbit media alternatif dan penikmat zine itu sendiri. Di tahun yang ketiga ini (2014) kami dari kawan-kawan Network of Friends Bandung sengaja memberi jeda untuk tidak mengadakan Bandung Zine Festival terlebih dahulu dengan mencoba menjalankan beberapa proyek yang telah kami susun dan rencanakan pasca gelaran Bandung Zine Fest (baik gelaran yang pertama dan yang kedua). Sebuah proyek kolektif yang masih terporos pada zine. Salah satu proyek yang telah kami rencanakan adalah membuat sebuah Perpustakaan Zine di kota Bandung.

Apa itu Perpustakaan Zine Bandung?

Sebuah ruang alternatif yang dikelola secara mandiri untuk distribusi informasi berupa media alternatif (fanzine) dari kawan-kawan Network Of Friends Bandung, sebagai bentukan lain dari apa yang telah kami buat setelah acara tahunan Bandung Zine Fest sebagai satu rangkaian yang utuh.

Ruang alternatif ini berbentuk sebuah perpustakaan zine yang akan menyediakan banyak media cetak alternatif seperti zine khususnya dan media cetak alternatif lainnya (seperti newsletter, pamflet, booklet, katalog, flyer, dll) dengan tujuan mempermudah siapapun untuk bisa mengakses zine, literatur alternatif lainnya, dan informasi yang terkait dengan keduanya, sekaligus sebagai upaya pengarsipan/pendokumentasian media alternatif (fanzine) yang telah terbit dan beredar di Indonesia sejauh ini.

Bagaimana Perpustakaan Zine Bandung beroperasi? 

Sebagai permulaan, saat ini kami masih mengumpulkan dan mendata ulang koleksi zine pribadi yang kami miliki, yang nantinya digunakan untuk bahan bacaan di Perpustakaan Zine Bandung. Sebagai sebuah proyek mandiri, pendanaan adalah masalah klise yang akan selalu dihadapi, oleh karena itu kami berinisiatif membuat beberapa benefit project guna keberlangsungan proyek Perpustakaan Zine Bandung. Salah satunya yang sedang kami lakukan adalah membuat sebuah album kompilasi Pustaka Nada Masa Kini berbentuk CD-R berisi 20 band dari jejaring kawan dari berbagai kota.

Hasil penjualan album kompilasi ini sepenuhnya akan kami gunakan untuk pembiayaan awal fasilitas operasional, yaitu: ruang, penyimpanan (storage), pemeliharaan (maintenance) dan distribusi. Tentunya juga, tujuan strategis dari proyek benefit ini salah satunya adalah alokasi dana untuk hal yang dianggap mendesak sebagai bentuk solidaritas dari kami, yang diharapkan dapat menghidupkan kembali semangat ‘dari komunitas, untuk komunitas’.

Sebelumnya kami ucapkan banyak terima kasih kepada seluruh kawan yang terlibat dalam pembentukan Perpustakaan Zine Bandung, juga kepada kawan-kawan yang telah memberi donasi, baik berupa donasi finansial, koleksi zine pribadi, atau dengan membeli kompilasi Pustaka Nada Masa Kini sebagai bentuk dukungan (support) terhadap proyek yang merupakan bagian dari konservasi/pelestarian zine-zine yang kami miliki.

Saat ini kami mempunyai ruang sementara yang dapat digunakan sebagai Perpustakaan Zine Bandung, bertempat di Jalan Vijayakusumah XVII Komp. Angeli Asri, Cijambe, Bandung Timur.

Jika ada kawan-kawan yang berminat untuk mengakses zine ataupun informasi tentang zine dan ingin berkunjung dapat  mengontak terlebih dahulu ke alamat e-mail kami (bandungzinelovers@gmail.com).

~ by wastedrockers on 26/05/2014.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: