Ansaphone – Morning Lights Recover EP

ansaphone-morning-lights-recover-ep

Ansaphone ‘Morning Lights Recover’ EP CD (Clarity, 2009)

Saya pertama kali melihat penampilan dari Ansaphone pada tahun 2005 di acara ‘Tribute to Radiohead’ di Bandung. Waktu itu mereka membawakan lagu favorit saya dari Radiohead yang berjudul “Let Down”. Sejak itu saya berekspektasi kalau band ini bisa berbicara lebih banyak di masa depan nantinya… Ternyata benar, empat tahun setelah itu, mereka memberikan debut EP-nya ke saya dan langsung otomatis menjadi heavy-rotation di CD-player!

 

Ansaphone di debut EP-nya ini memainkan post-rock kekinian yang di Indonesia mungkin dipopulerkan pertama kali oleh Polyester Embassy (meskipun P.E musiknya lebih condong ke arah progressive-rock); noisy-droning-atmosperic indie-rock mengawang-ngawang dengan resonansi efek flanger-delay yang memabukkan di mana-mana! EP ini berisi lima tracks lagu-lagu dengan layered-texture-guitar yang mendetil dan berdurasi panjang. Dibuka dengan lagu “Low”, lalu dilanjutkan dengan single mereka “Hello Stranger!” yang mana di seksi vokal nampaknya telah di-mixing ulang, berbeda dengan versi single-nya dulu (di tahun 2007 Ansaphone sempat mengirimkan CD-single nya ke Wasted Rockers), tapi entah kenapa saya lebih suka dengan versi mixing-annya yang dulu. Track ketiga “Raindrop” yang merupakan lagu favorit saya di EP ini, penuh dengan nuansa dreamy yang banyak mengingatkan saya akan lagu-lagu dari Cocteau Twins. Track ke empat adalah judul self-titled dari EP ini, yakni “Morning Lights Recover”. Sementara track terakhir “Sinking” adalah sebuah lagu yang cukup mendefinisikan musik post-rock/space-rock kekinian yang mereka mainkan. Yes, nampaknya lagu-lagu di EP ini cocok untuk dijadikan soundtrack bagi kalian yang sedang galau-gundah gulana, atau sebagai lullaby pengantar tidur (seperti yang saya lakukan?). Hehe…

 

Meskipun sound mereka di rilisan debutnya ini belum berkarakter sepenuhnya, tetapi usaha mereka patut kita apresiasi. Karena setidaknya Ansaphone telah berusaha untuk eksis dan meramaikan scene indie-rock Tanah Air kita. More power to you guys!… – Dede (kontak: http://www.myspace.com/ansaphonetheband & ansaphonetheband@yahoo.co.uk)

Genre musik: Post-Rock, Bliss-Pop, Space-Rock, Indie-Rock.

Untuk penggemar: God Is An Astronaut, Explosions In The Sky, Polyester Embassy (Bandung), Avenue (Bandung).

~ by wastedrockers on 21/04/2009.

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.