AVENGED SEVENFOLD Live! @ Tennis Indoor Senayan, Jakarta. Rabu, 22 Oktober 2008.

a7x1

Untuk kedua kalinya, AVENGED SEVENFOLD (atau biasa dikenal singkatan “A7X”-red) kembali menghibur para fansnya di Jakarta pada 22 Oktober kemarin. Konser A7X yang diselenggarakan JAVA Musikindo ini merupakan event ke-10 kalinya di tahun 2008 dan (masih) digelar di tempat langganan, yakni di Tennis Indoor Senayan. Entah untuk yang keberapa kalinya JAVA kembali meraih sukses atas event-eventnya. Bagaimana tidak, tiket konser kedua A7X yang dicetak 4000 lembar sudah ludes saat enam hari sebelum acara berlangsung. Yahh, kalian bisa ekspetasikan sendiri deh gimana seruaknya konser saat itu. Tak heran mulai sore hari para pengunjung terus bergilir hadir menuju TKP (Tempat Kejadian Peristiwa) dengan memakai seragam kaos band kesayangannya.

a7x3

Tepat jam 8 malam pertunjukan dimulai oleh band rock tanah air JIBRIEL. Sayangnya, band kepunyaan Fahri Albar (putra dari Achmad Albar dari GODBLESS -red) ini kurang disambut hangat oleh para penonton. Nggak jelas sabab-musababnya, mungkin band JIBRIEL belum memiliki aura kharismatik. Apalagi intonasi sang biduannya masih terdengar fals dan kurang nyaman di telinga. Maka, tak sedikit crowds di dalam gedung bersorak protes agar band ini lekas turun, hiks! Selesai menghadirkan 6 tembang karya sendiri, akhirnya JIBRIEL kembali ke tempat asalnya. Well, bila kami menilai objektif, musikalitas JIBRIEL tidaklah buruk. (walau memang nuansa “komersil”nya cukup kental). Hanya saja band yang baru merilis album …Memecah Kesunyian (2008) ini kurang representatif sebagai opening band rock/heavy-metal asal Huntington Beach, California, Amerika –meski keduanya sama-sama nge-rock. Toh, dengan sendirinya pilihan alam memberi jawaban.

a7x2

Selang 15 menit kepergian JIBRIEL, band yang didamba-dambakan akhirnya muncul! Dengan formasi M. Shadows (vokal), Synyster Gates (lead gitar), Zacky Vengeance (ritem gitar), Johnny Christ (bass), & The Rev (dram) langsung menggebrak panggung lewat “Critical Acclaim”. Sorak kegirangan audiens pun meledak-ledak. Namun kelima personil A7X tetap tampil santai & lihai dengan gaya yang ordinary sekali. Cukup mengenakan kaos oblong dan celana jeans panjang. Tak seperti biasanya band-band rock yang coba menghadirkan gimmick. Setidaknya semua pasukan A7X yang mempunyai heavy tattoos sudah cukup mengindikasikan kalau mereka juga rockers hahaha… Dekor panggung juga terlihat standar dengan banner sosok tengkorak bersayap kelelawar (artwork-nya seperti kover DVD All Excess -red) menutupi lebarnya background panggung. Hadir serba sederhana bukan berarti biasa aja. Walau personil A7X tergolong musisi rock generasi baru, namun performance dan talenta mereka ngga usah diragukan lagi kehebatannya. Kualitas sound panggungnya mirip dengan versi audio…dahsyat. Dan tak kalah hebat, virtuoso 2 gitarisnya berhasil memukau khalayak. Bahkan selesai “Unholy Confessions” di urutan lagu ke-6, gitaris handal Synyster mendapat tugas bersolo karir – sedangkan 4 personil lainnya balik ke belakang panggung. Setelah 5 menit-an Synyster memamerkan jurus-jurus mautnya, konser kembali dilanjutkan lewat “Bat Country”.

a7x4

Hanya yang reporter perhatikan, reaksi penonton di sini masih payah. Massa yang didominasi usia belasan itu tahun lebih getol mendokumentasikan footage konser A7X dengan handphone-nya daripada berdansa moshing mengiringi alunan lagu-lagu A7X. Hey dudes, this is the rock show…! Padahal vokalis Matt yang bersuara serak-serak basah itu sempat mengisyaratkan crowds untuk melakukan circle pit. Tadinya saya juga niat “berolahraga” pada lagu-lagu: “Beast and the Harlot”, “Unholy Confessions”, “Bat Country”, tapi batal deh. Memang sih nggak semua lagu A7X dibawa main gila. Lagu seperti “Seize the Day” lebih kuat romansa ballad-nya, mengingatkan saya pada band hair-rock lawas Guns ‘N Roses. Sentuhan country terdapat pada intro “Gunslinger”. Sedangkan heavy metal parts-nya banyak terpengaruh dari Megadeth (old) atau Metallica (old), ditambah solo-solo lengkingan ala Iron Maiden. Terlebih lagi “A Little Piece of Heaven” yang disenandungkan sebagai penutup pentas. Salah satu single dari album terakhirnya ini memang beratmosfir lain daripada yang lain (sekaligus lagu A7X terpanjang yang berdurasi 8 menit-an). Lebih cocok sebagai soundtrack broadway/cartoon show, lengkap diiringi choir orkestra serta brass sectionnya. Simak juga klip lagu ini yang dibikin versi animasi horor. Mengagumkan!…

Sayangnya, aksi panggung M. Shadows cs malam itu terasa singkat, cuma mainin 10 lagu. Atau (tepatnya lagi) bisa dikatakan, A7X hanya melantunkan kumpulan hits dari 2 album terakhirnya; Avenged Sevenfold (2007) dan City of Evil (2005). [Berikut saya urutkan daftar lagunya: “Critical Acclaim”, “Afterlife”, “Beast and the Harlot”, “Scream”, “Seize the Day”, “Unholy Confessions”, “Bat Country”, “Gunslinger”, “Almost Easy”, “A Little Piece of Heaven”.] Secara, konser A7X di Indonesia tahun ini bukanlah yang pertama kali. Harusnya, mereka bisa memberikan porsi lebih. Apalagi, pada 16 September kemarin band asuhan Warner Bros Records ini merilis CD terbaru Diamonds in the Rough yang dikemas berbarengan DVD Live in the LBC. Setidaknya, kasih lah beberapa single anyar mereka untuk dipromosikan. Dan promotor JAVA yang sudah dua kali menangani konser A7X di Jakarta juga concern pada hal-hal seperti ini. Agar pembeli tiket merasa worth it dengan apa yang didapat.

* Reported & photos by: Hardy

About these ads

~ by wastedrockers on 13/11/2008.

21 Responses to “AVENGED SEVENFOLD Live! @ Tennis Indoor Senayan, Jakarta. Rabu, 22 Oktober 2008.”

  1. mau tanya apakah a7x akan kembali konser di jkarta?

  2. Jangan tanya kami brother, tapi tanyalah kepada Java Musikindo, A7X it self, atau sama Tuhan YME, yg punya jawabnya!…

  3. plase donk. . . . avenged d datengin k jkt lgy,akk berharap avenged dateng lagy.
    kapan mas?
    trz promtor.na cp?

  4. Kamu kontek aj langsung mrk via Myspace. Di situ jawabannya akan terungkap, apakah mereka mau datang lagi atau tidak.
    Daripada kamu terus menanyakannya pada rumput yg bergoyang, yang akan terus diam…

  5. kapan yach Avenged sevenfold manggung di Macassart City…??

  6. manggung lagi dunk di senayan

  7. datangx lagi doungx

  8. datang lagi donk ke indonesia..
    pleasee..

  9. kpn k palu yach avenged sevendfold ………
    dah tag sabar nich ……………
    kalau datang aq ksih minum ASOKA ……..

  10. kpn lagi A7X datang lagi K indo??
    undang lagi donk.,.

  11. kapan yaaaa A7X konser di Jember city,,,or di Powotengah gittto…….wakawakawakak

  12. kau brharap smoga the rev bisa hidup lg…?

  13. kapan a7x live lagi aku tdk sabar avenged sevenfold clalu di hatiku

  14. Kpan y a7x bisa dteng lgi ke indonesia tepatx di probolinggo

  15. klo ga slah tar mei ke sini lagi !!!

  16. datang lagi dunkz a7x ke jakarta . . . .gue kangen ma loe

  17. a7x i like u, datang lagi donk ke indonesia, i’m fans for u. . .
    aq tunggu ya. . .

  18. manggung di rumahku aja. . .

  19. It’s a pity you don’t have a donate button! I’d most certainly donate to this excellent blog! I guess for now i’ll settle for bookmarking
    and adding your RSS feed to my Google account. I look forward
    to new updates and will share this site with my Facebook group.
    Chat soon!

  20. Excellent way of explaining, and pleasant post to obtain facts regarding my presentation topic, which i am going to deliver
    in university.

  21. kapan nih avenged sevenfold datang ke indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 110 other followers

%d bloggers like this: