Wawancara dengan ANCIENT

Ancient adalah sebuah band muda asal Bandung. Memainkan gaya 80s lo-fi teutonic-thrash / blackened-thrash yang sungguh mantap. Sub-genre ini cukup langka untuk ukuran scene lokal. Dulu di era 2000-an akhir ada Gagak Bulan, tapi sudah tak ada lagi kabarnya. Mudah-mudahan dengan hadirnya Ancient bisa membawa angin segar untuk musik-musik blackened-thrash lokal.

Baca wawancara dengan mereka di bawah ini. Interview ini dijawab oleh D (vokalis) & D (gitaris).

01. Tolong perkenalkan Ancient, beserta latar belakang terbentuknya band ini…

Ancient dibentuk awal tahun 2015 dan hanya beranggotakan D (Vox) & D (Gitar), saat mulai jamming kami belum memainkan genre yang kami angkat di EP, yaitu black thrash / teutonic thrash. Tapi seiring berjalannya waktu kami juga menemukan beberapa kesulitan dalam mengaransemen materi berkonsep black metal, karena gitaris kami sendiri sangat into dengan band-band heavy & thrash metal.

Dengan alasan itulah kami memutuskan untuk memainkan black-thrash mulai sejak saat itu. Dan akhirnya terbukti progres penulisan materi bisa lebih cepat selesai karena kami juga mengadopsi beberapa lagu dari project thrash gitaris kami yang bernama Exorcist yang belum sempat dirilis. Akhir 2015 setelah materi terkumpul, barulah kami memutuskan untuk masuk studio dan mencari personil lain yaitu Z (Bass) dan Z (Drums).

02. Sound Ancient di debut EP-nya mampu menangkap dengan tepat, nuansa thrash / black-metal era akhir 80-an. Teknis produksi sound-nya memang ide asli dari kalian atau diarahkan oleh produser rekamannya?

Konsep, materi bahkan sounds semua kami yang mengarahkan, jadi sudah dipikirkan sebelumnya mau seperti apa. Walau sempat menguras tenaga, materi dan waktu karena hasil mixing pertama dan kedua terpaksa kami buang karena tidak terdengar “old school”. Dan terpaksa me-mixing ulang di studio lain dan di-direct langsung oleh gitaris kami.

03. Apakah ada rencana untuk melakukan tur skala lokal?

Belum ada, karena beberapa dari kami masih sangat sibuk dengan pekerjaan, tapi kami sangat ingin bisa selalu main di acara-acara atau venue kecil baik di Bandung atau di luar kota.

04. Pada era 2000-an akhir ada semacam fenomena thrash-metal revival, lalu pada 2010-an awal ada pula fenomena black-metal revival. Apa opini kalian mengenai fenomena tersebut? Mengingat sound Ancient berada di tengah-tengah kedua genre tersebut…

D (Gtr): Ya saya ingat era thrash revival Indonesia tahun 2010-an karena pada saat itu saya dekat dengan beberapa band thrash Jakarta, sebut saja seperti Gigantor dsb. Dan juga saya masih tinggal di Yogyakarta saat itu, dan band saya juga memainkan teutonic thrash metal seperti Sodom atau Kreator.

D (Vox):  Pada era itu saya lebih into black metal, tapi tak lepas dari scene TNBM saat itu, namun band-band thrash metal Norway seperti: Aura Noir, Deathhammer, juga menjadi inspirasi saya dalam bermusik.

05. Saat ini imej kegelapan dari black-metal / blackened-thrash banyak dianggap sebagai parodi, tak lagi dianggap serius, bahkan banyak pula meme-nya. Apa tanggapan kalian mengenai hal tersebut?

Kami tidak terlalu ambil pusing untuk masalah itu dan tidak menganggapnya sebagai masalah serius juga.

06. Band-band apa saja sih yang mempengaruhi  musikalitas Ancient?

Banyak, tapi kami sendiri lebih menyukai band-band N.W.O.B.H.M dan thrash-metal Eropa dalam urusan riff gitar yang “aneh”& vokal yang lebih galak. Mungkin Destruction dan band-band Scandinavian black-thrash seperti Infernö atau Aura Noir untuk inspirasi terbesar kami untuk Ancient. Dan beberapa band heavy metal seperti Sortilege, H-Bomb atau Angel Witch. Karena itulah kami memasukan vokal-vokal high pitch di EP kami.

07. Sound dari band-band Teutonic-Thrash dekat black-metal, tapi apakah kalian juga mendengarkan Brazillian-Thrash? Karena sub-genre tersebut juga sangat dekat dengan Black-Metal…Bahkan ada buku yang menyatakan bahwa Black-Metal First Wave juga lahir dari Brazil

Ya sangat, mereka bahkan punya style dan sounds tersendiri dan lebih terdengar brutal, raw dan lebih monoton dibanding band-band dari Skandinavia atau bahkan black-metal dari Jepang.

Kami masih mendengarkan band-band seperti: Sarcofago, Vulcano, Holocausto atau Mystifier sampai saat ini, walau mereka lebih menginspirasi ke band-band war-metal.

Dan masih banyak lagi band dari Amerika Latin selain Brazil yang sangat menginspirasi kami seperti Witchtrap yang berasal dari Kolombia, atau bahkan band brutal dari Chile, Evil ­Madness atau Communion.

08. Rencana Ancient dalam waktu dekat apa saja nih?…

Kami sudah mulai mengerjakan beberapa materi baru, tapi kami belum sama sekali berniat menggarap full album atau LP. Kami hanya berniat mengeluarkan single atau EP lagi dalam waktu dekat.

Advertisements

~ by wastedrockers on 04/08/2017.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: