Nanalog: A Nanaba Records Catalogue (2017)

Nanalog: A Nanaba Records Catalogue (Januari, 2017)

Bagi yang akrab dengan aktivitas mailorder album-album independen pada dekade 90-an hingga 2000-an awal, tentu sudah akrab dengan yang namanya katalog.

Jika kita memesan sesuatu, label pengirim selain tentunya mengirimkan album yang kita pesan, juga menyelipkan katalog info rilisan-rilisannya.

Dewasa ini hal di atas sudah sedikit dilupakan. Tapi memang tidak terlalu urgensi juga, karena sudah ada internet, dan semuanya sudah bisa diarsipkan secara rapih di sana (meski faktanya, masih banyak label rekaman yang pengarsipan katalog rilisannya di internet berantakan).

Beruntung ada beberapa label yang masih memegang tradisi untuk merilis katalog rilisan secara fisik, yang untuk di Indonesia contohnya adalah Nanaba Records.

Nanaba Records adalah salah satu label rekaman independen lokal yang sangar amat produktif dalam kurun waktu dua tahun pertama semenjak kelahirannya.

Kami ingat pula pertama kali berkenalan dengan pemilik labelnya, Jodi Setiawan, ketika Nanaba baru merilis Jodi In The Morning Glory Parade dan Whisperdesire.

Semenjak itu kami sudah tak ingat berapa lagi rilisan yang dikeluarkan oleh Nanaba Records, karena laju label tersebut seperti tak tertahankan dan sangat amat produktif.

Bayangkan dalam kurun waktu 2014 (tahun kelahirannya) hingga tahun 2016 saja label ini sudah mengeluarkan 39 judul rilisan!

Nah, oleh karena itu, fungsi katalog memang amat membantu, terutama bagi penggemar label yang bersangkutan hingga para pemerhati/penulis musik, yang tentunya sangat membutuhkan data akurat.

Meski kita tidak tahu apa motif dari perilisan katalog fisik ini oleh Nanaba; apakah itu hanya gimmick, nostalgia belaka, atau murni untuk data pengarsipan. Tapi hal yang mereka lakukan ini patut kita acungi jempol.

Toh, hingga kini, pengarsipan data katalog rilisan, dari label-label lokal di internet pun juga masih banyak yang berantakan.

Jadi, salut buat Nanaba Records. Keep up the good work. Hingga saat penulisan ulasan ini mungkin  rilisan Nanaba Records sudah berjumlah 40-an (atau 50-an?). Coba kalian tanya sendiri ke mereka.

Advertisements

~ by wastedrockers on 11/05/2017.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: