Rajasinga – III (2016)

rajasinga-iii

Rajasinga – III (Negrijuana Prods / Omuniuum / Lawless / Strain Eyes, 2016)

Salah satu band lokal yang sedari dulu untuk menikmatinya harus berulangkali kami dengar adalah Rajasinga. Mengapa? Baca saja terus ulasan ini ke bawah.

Mulai dari Pandora (2007), album pertamanya, Rajasinga selalu membuat kami penasaran; bermula dari skeptis dan berakhir dengan memuja-muji mereka.

Bagaimana tidak, trio asal Bandung ini mencampurkan grindcore dengan beberapa gaya seperti: stoner-rock, thrash-metal dan black-metal. Mungkin gaya crossover seperti ini di dunia hanya dimainkan oleh segelintir band saja, dan Rajasinga bisa disebut sebagai salah satu pionirnya.

Kemudian untuk urusan penulisan lirik lagu pun Rajasinga tergolong unik, mereka tidak menulis lirik-lirik tema satanik, gore, perang, seperti kebanyakan band-band sejenis. Rajasinga banyak menulis lirik-lirik tema keseharian khas wilayah urban. Jadi kalau ada istilah ‘Urban Metal’ untuk band-band metal asal kota New York pada awal dekade 90-an, maka untuk di lokal, Rajasinga tentu masuk ke kategori tersebut.

Ketika beberapa lagu dilepas ke internet sebagai teaser untuk album III (2016), kami bertanya-tanya “mengapa sound mereka jadi raw begini?”. Mengingat di album-album sebelumnya sound Rajasinga selalu mewah.

Ternyata di III Rajasinga memang mengkonsepkan agar sound mereka lebih kotor dan raw. Bahkan awalnya (sebelum membaca catatan rekaman di sleeve album ini) kami sempat mengira kalau III direkam secara live!

Eklektisisme sedari dulu dekat dengan Rajasinga. Di album III pun mereka masih tetap mempertahankan hal tersebut. Contoh yang paling kentara adalah slide blues guitar yang dimasukkan di tengah-tengah lagu “1/2 5-10” (keterangan, dibaca: 4:20), yang merupakan tribut lainnya dari mereka untuk ganja. Vokal falsetto ala King Diamond di lagu “Pembantai”, kemudian ada cukilan gitar dub-reggae di lagu “Ada?”. Bahkan juga ada selipan riff “Smells Like Teen Spirit”-nya Nirvana di lagu “Orang Gila”! Bukti bahwa di III Rajasinga masih bersenang-senang dengan musiknya.

Intro dan Outro di album ini pun tersambung jika kalian dengarkan secara seksama; sebuah konsep tersembunyi yang keren ditawarkan di III.

Untuk penulisan lirik, Rajasinga di album III masih tetap konsisten membuat lirik-lirik tema keseharian serta beberapa protes terhadap kondisi politik dalam negeri. Namun yang paling menarik ada di lagu “1/2 5-10”. Lalu ada lagu tak berjudul di track tujuh yang memparodikan pembacaan Pancasila (judul dan liriknya tidak disertakan dalam buklet lirik), lagu “Orang Gila” yang dinyanyikan dengan gaya ledekan khas anak kecil “orang gila… orang gila…”, dan ada lagu berdurasi satu detik “Mati Kau!!!” yang mungkin adalah saingan dari “You Suffer” nya Napalm Death.

Karena serius dalam menggarap lirik, maka tidak heran kalau mixing-an album ini bagian vokal lebih ke depan ketimbang instrumen lainnya. Agar pesannya sampai ke pendengar? Hal ini juga menjawab pertanyaan kami ketika mengulas album Rajagnaruk di tahun 2011 lalu.

Untuk pengemasan album yang dirilis bersama oleh empat label ini (Negrijuana Prods / Omuniuum / Lawless / Strain Eyes) dikerjakan secara maksimal. Ini bisa dilihat dari konsep tiga dimensi dari cover album, jika disandingkan dengan cutting-sticker di jewel-case nya. Sayang bukletnya terlalu tebal, sehingga sukar untuk dimasukkan kembali ke dalam casing-nya.

Dibandingkan dengan Pandora (2007) dan Rajagnaruk (2011), III memang sedikit lebih rumit untuk dicerna. Butuh beberapa kali diputar terlebih dahulu untuk melihat pesona dari album ini.

Genre musik: “Urban Metal”, Grindcore, Death ‘n’ Roll, Stoner Rock, Death-Thrash.
Untuk penggemar: Band-band metal era 90-an awal, Ganja, Anggur merah, Koran kuning, Okultisme murahan, Yamaha RX King era 80-an, Ilustrasi-ilustrasi karya Arik Roper.

* beli albumnya di SINI.

~ by wastedrockers on 17/11/2016.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: