COLLAPSE – Grief EP (2016)

collapse-grief-ep-2016

Collapse – Grief EP (Royal Yawns, 2016)

Dika adalah seorang ‘wonder boy’ di scene hardcore Bandung era pertengahan 2000-an; ia piawai dalam bermain banyak instrumen musik. Jadi tidak heran kalau ia selain bermain gitar di A.L.I.C.E juga bermain (dan sempat) di banyak band seperti: Blind To See, Pitfall, Megamaut (sebelumnya bernama Headhunter), Tragedi, dan lain-lain.

Melihat ‘portfolio’ Dika di atas, tidaklah mengejutkan kami kalau akhirnya ia membuat sebuah proyek solo (di luar fakta bahwa A.L.I.C.E kini sedang vakum karena ditinggal vokalisnya).

Proyek solo dari Dika ini diberi nama Collapse. Musik-musik yang dimainkan oleh Collapse adalah indie-rock / alternative-rock.

Sebenarnya kami awalnya agak sedikit skeptis akan musik dari Collapse, tapi ketika sudah mendengarkan rilisannya, pandangan kami ternyata salah; Grief EP (2016) begitu mulus!

Seperti pada umumnya proyek indie/alternative yang dibesut oleh hardcore-kid, mulai dari zamannya Quicksand hingga ke Nothing, semuanya seperti memiliki pola, yakni: melodik, groovy, sedikit heavy, ada nuansa post-hardcore (tanpa harus menjadi ’emo’), serta sedikit dreamy/gloomy.

Lalu, Grief EP (2016) seperti sebuah rilisan konsep, karena dari track 1 hingga track 5 seperti tersambung. Begitu pula dengan produksi kemasannya, terasa begitu konseptual.

Untuk single di EP ini, yang berjudul “Given”, mengundang gitaris tamu, yakni Aldi (Caravan Of Anaconda / Heals).

Satu-satunya masalah kami untuk Grief EP (2016) adalah jumlah lagu yang sedikit. Mendengarkan keseluruhan satu EP terasa sangat sebentar dan ‘menggantung’ (sama seperti mendengarkan semua rilisan A.L.I.C.E yang selalu berdurasi pendek dan singkat).

Ironis, Grief EP, rilisan indie-rock yang dibesut oleh seorang hardcore-kid justru lebih menonjol, ketimbang rilisan-rilisan musik serupa yang dibesut notabene oleh para indie-kids itu sendiri, yang membanjiri scene lokal tahun ini. Jam terbang dan pengalaman turut berpengaruh? Mungkin.

(beli albumnya di SINI)
Genre musik: Indie-Rock, Alternative-Rock, Post-Hardcore
Untuk penggemar: Nothing, Whirr, Autolux, Rival Schools, Far, Sparta

~ by wastedrockers on 11/10/2016.

2 Responses to “COLLAPSE – Grief EP (2016)”

  1. Reblogged this on Royal Yawns.

  2. […] itu sebagai penampilan perdana mereka. Saya sendiri tau Collapse dari teman, setelah itu nyari di Wastedrockers dan blar! Saya langsung suka pisan dengan band/solo project ini. Cari di spotify pun ternyata ada. […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: