Innerϟpeaker Direkrut oleh Dream Catalogue

besatu 85 negeri indramayu

Beberapa bulan yang lalu kami pernah ngetwit mengenai salah satu sub-genre / micro-genre electronic-music baru bernama Vaporwave.

Vaporwave merupakan hasil evolusi dari Chillwave. Ketika chillwave ‘mati’ maka penerusnya adalah vaporwave. Chillwave memang banyak mengandung unsur musik dekade 80-an, namun untuk Vaporwave takarannya lebih berat lagi, bahkan juga mengambil inspirasi dari seluruh budaya populer dekade 80-an.

Namun patut dicatat kalau beberapa rilisan awal/pionir dari vaporwave cenderung agak gelap dan kental kadar eksperimentalnya.

Bagaimana dengan Synthwave/Retrowave? Khan hampir-hampir mirip dengan Vaporwave? Bedanya synthwave lebih banyak mengambil inspirasi dari musik-musik scoring film & video-game dari dekade 80-an. Salah satu artis lokal yang sudah memainkan musik synthwave adalah Adit Bujbunen Al Buse, (Karbala Bukan Fatamorgana / Udanwatu / Serigala Jahanam) melalui karya terbarunya; sebuah komik konseptual berjudul Pendekar Cyborg (2015). Cek sampel musik dari soundtrack komik Pendekar Cyborg di sini.

Senangnya kami ketika mengetahui kini sudah ada artis lokal yang memainkan style vaporwave!😀

+++

Innerϟpeaker adalah sebuah proyek electronic-music asal Bandung yang banyak mengusung tema budaya populer dari dekade 80-an. Dari gaya bermusik,  Innerϟpeaker tidak bisa sepenuhnya dikategorisasikan sebagai vaporwave, karena unsur: nu-disco / italo disco revival / boogie / electro-funk nya masih cukup kental. Mungkin mereka terinspirasi oleh rekan sejawatnya yang juga dari Bandung, Midnight Runner?

Baru-baru ini Innerϟpeaker direkrut oleh label vaporwave definitif asal Hong Kong (yang kini pindah ke London, UK), Dream Catalogue. Saking menariknya genre vaporwave dan pentingnya label Dream Catalogue bagi micro-genre tersebut, hingga membuat Redbull Music Academy (AS) mewawancara label tersebut pada tahun 2014, cek di sini wawancaranya.

Cek juga Flightwave EP (2015) dari Innerϟpeaker yang dirilis oleh Dream Catalogue di bawah ini.

* foto ilustrasi diambil dari besatu.wordpress

~ by wastedrockers on 29/11/2015.

One Response to “Innerϟpeaker Direkrut oleh Dream Catalogue”

  1. […] Innerϟpeaker, kini hadir lagi musisi vaporwave lokal. Bernama CVX (Ikki Witjaksono) dari […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: