SANGKAKALA – Moviemetalithicum (2014)

Sangkakala DVD

Sangkakala ‘Moviemetalithicum’ DVD (Doggyhouse Records, 2014)

Kalau anda sempat merasakan jadi ABG dan remaja pada akhir dekade 80-an hingga awal 90-an, pastinya pernah merasakan bahwa kultur heavy-metal dulu sangat kuat di Indonesia.

Contohnya bisa dilihat melalui kaos dan poster bajakan Bon Jovi, Guns n Roses, Metallica, Iron Maiden, Sepultura yang beredar sangat luas saat itu, serta tren fesyennya. Bahkan band-band ballad-rock berpersonil rambut gondrong pun dilabeli sebagai “thrash-metal” oleh media-media mainstream saat itu.

Bahkan hingga kini di beberapa daerah terpencil band-band yang kami sebutkan di atas masih sangat populer. Seperti tak lekang waktu (atau memang daerahnya yang sangat ketinggalan informasi, itu urusan belakangan).

Nah, sesuatu yang “cult” inilah yang coba diangkat kembali dan dijadikan konsep band oleh sekelompok mahasiswa ISI Jogja pada tahun 2004 lalu dengan membentuk band bernama Sangkakala.

Biasanya, band yang isinya condong para seniman (ketimbang musisi) akan memiliki tema ataupun konsep nyeleneh dalam menjalankan band, untuk Sangkakala ya heavy-metal dekade 80-an.

Hair-metal / glam-rock / cock-rock era dekade 80-an adalah konsep dari Sangkakala.

Tapi yang kami PALING suka dari Sangkakala, adalah tetap menjunjung tinggi kearifan lokal di imej mereka. Mereka tampil apa adanya layaknya rocker dari desa. Tidak perlu berlagak palsu ingin seperti rocker Ibukota (yang harus terlihat serba ada dan mewah). Hal itulah yang membuat Sangkakala menjadi band ‘cult’.

Kami sudah mengikuti Sangkakala semenjak tahun 2010, via Macanista EP (YesNoWave, 2010), yang kemudian disusul dengan full-length Heavymetalithicum (self-released, 2013). Nah, DVD Moviemetalithicum ini adalah dokumentasi dari pesta peluncuran album Heavymetalithicum pada Desember 2013.

Selain footage konser, DVD Moviemetalithicum juga berisikan kisah hidup sehari-hari para personil, juga proses-proses persiapan jelang acara pesta peluncuran album Heavymetalithicum.

Banyak adegan di dokumenter ini yang membuat kami tertawa. Bukan karena adegannya yang lucu, tapi karena konsep dan tema yang mereka jalani sebagai band.

Tapi memang banyak sih sisi-sisi di musik metal yang sangat komikal dan mudah membuat orang-orang tertawa 😀

Scene lokal sangat perlu DVD-DVD semacam ini. Ayo band lainnya, rilis-rilis!

Genre film: Concert-Film, Rockumentary, Documentary
Untuk penggemar film: Manowar: Fire and Blood (2012), This Is Spinal Tap (1984), Saxon: Heavy Metal Thunder (2012), Judas Priest: British Steel (2001), Anvil! The Story of Anvil (2008), Rockstar (2001)

~ by wastedrockers on 20/02/2015.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: