GARNA RA – Benua Yang Sepi (2014)

Garna Ra - Benua Yang Sunyi

Garna Ra ‘Benua Yang Sepi’ Cassette (Girez Records, 2014)
Mulai sedikit menyicil hutang-hutang tulisan review. Dari rilisan-rilisan yang memang patut diangkat dan menggunggah kami tentunya. Salah satunya adalah Benua Yang Sepi dari Garna Ra (Garna Raditya).

Di tiap kota di Indonesia, biasanya memang ada beberapa orang yang menjadi motor penggerak scene, untuk Semarang salah satu individu tersebut adalah Garna Raditya.

Kami kenal Garna sudah cukup lama, semenjak korespondensi via pos di era scene hardcore/punk tahun 2000/2001. Ia pada masa primetime-nya cukup aktif di scene kota Semarang; bermain di banyak band, menggelar show/gig, menulis di fanzine/majalah musik, dan lain-lain.

Yang menarik dari metode Garna untuk scene kota Semarang, biasanya ia membuat berbagai jenis band, supaya bisa ditiru oleh generasi penerusnya di sana. Contoh, ketika mendirikan OK Karaoke, kemudian scene indie-rock di Semarang mulai bergeliat. Jadi istilahnya Garna seperti memperkenalkan musik baru kepada publik di kotanya, untuk bisa dikembangkan lagi oleh yang lain.

FYI, beberapa band yang pernah disinggahi ataupun masih aktif Garna geluti antara lain adalah: AK-47 (grindcore/crust), OK Karaoke (indie-rock), Edword (mathcore), He Ivy (sludge) & Post Mortem Monologue (prog-rock).

‘Garna Ra’ adalah moniker dari Garna Raditya untuk album solo debutnya ini. Di sini Garna memainkan musik-musik: math-rock, jazz-fusion, prog-rock, experimental-rock.

Gitaris yang juga drummer ini pertama kali memperkenalkan proyek solonya ini pada tahun 2011 melalui sebuah demo berjudul “Lidah Api Matahari”, kemudian disusul dengan sebuah album 3-way split Garna Ra / Serigala Jahanam / Kelab Baca Trio Angkasa pada tahun 2012.

Pada awal 2014 album Benua Yang Sepi akhirnya dirilis. Rilisan ini berisi 10 lagu/komposisi instrumental.

Tipe math-rock yang ditempuh oleh Garna Ra di album ini adalah jenis yang soft, non-agresif dan melodik. Namun di beberapa wilayah terdengar pula sisi upbeat, suram dan penuh eksperimentasi jazz/soundscape. Lagu-lagu favorit saya “Mahkluk Dini Hari”, “Lenyap” dan “Gugur dari Langit”.

Sangat memalukan kalau para jurnalis / media / penggemar musik lokal melewatkan album ini. Karena Benua Yang Hilang mungkin beberapa tahun ke depan bakal jadi sebuah rilisan yang penting.

(Kontak: www.facebook.com/garna.raditya | https://twitter.com/GarnaRaditya)

Genre musik: Math-Rock, Jazz-Fusion, (sedikit) Prog-Rock, Experimental-Rock
Untuk penggemar: Tristeza, Don Caballero, (early) Battles, Unwed Sailor, The Six Parts Seven

~ by wastedrockers on 03/11/2014.

One Response to “GARNA RA – Benua Yang Sepi (2014)”

  1. […] Cek ulasan albumnya di SINI. […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: