MATIUS III:II – Penghabisan (2013)

Matius III; II

Matius III:II ‘Penghabisan’ CD (Unleash Records, 2013)
Saya percaya bahwa korban dari tren musik adalah band, bukan musiknya itu sendiri. Tren bakal silih datang berganti, sebuah band akan terdengar usang, namun tidak untuk genre musik itu sendiri.

Sama halnya seperti genre industrial-rock, sebut saja band-band favorit kamu, rata-rata pasti sudah band uzur atau lawas. Namun lain halnya dengan the genre itself, industrial-music yang akan tetap terdengar segar.

Industrial-music berawal pada awal dekade 80-an sebagai perpanjangan dari genre punk-rock. Bahkan banyak juga yang menyebut industrial sebagai “post-punk” dan itu sah-sah saja.

Genre ini di era 80-an sangat menarik perhatian di scene underground Eropa & AS, kemudian mulai masuk ke mainstream di era awal 90-an, dan mencapai puncaknya di akhir 90-an ketika sedang tren band-band nu-metal.

Di lokal sendiri band-band industrial sudah muncul sejak pertengahan dekade 90-an, dan mulai mewabah pula pada akhir dekade 90-an (yang turut bercampur dengan band-band nu-metal). Namun layaknya kecenderungan tren, band-band itu datang dan pergi. Hanya menyisakan sedikit saja yang konsisten.

Pertengahan 2013 lalu kami mendengar ada sebuah band dari kota Solo yang memainkan industrial-rock bernama Matius III:II (dibaca: Matius Tiga Ayat Dua). Kami pun mengecek musik dan aksi live-nya, dan hasilnya pun tidak mengecewakan.

Matius III:II seperti menambal kekurangan-kekurangan dari band-band industrial lokal yang ada selama ini, baik dari sisi musik maupun lirik.

Band Solo ini benar-benar ‘ngulik’ sound industrial-music; beberapa style industrial-music seperti mereka campur aduk menjadi satu. Ingat pepatah: “Bad artist imitate, Good artist steal”? Matius III:II masuk ke golongan ‘Good Artist’.

Selain EDM, metal dan rock, Matius II:II di musiknya juga memasukkan unsur-unsur: musique-concrete, techno, gabber, drum n bass, noise & ambient, sehingga eksperimentasi khas industrial-music sangat pol di album Penghabisan ini.

Sama halnya dengan ulasan yang sangat telat ini, musik yang bagus tidak akan lekang waktu. Industrial-music is still alive and well.

Genre musik: Industrial-Metal, Industrial-Rock
Untuk penggemar: Ministry, White Zombie, Static-X, Fear Factory, (early) Slipknot

~ by wastedrockers on 28/07/2014.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: