PHILIPS FIDELIO S1 Earphones (product-review)

This slideshow requires JavaScript.

Kualitas Audio

Untuk pasar perangkat audio mobile, khususnya segmen headphone/earphones, nama Philips sebelumnya memang kurang diperhitungkan, namun setelah mereka meluncurkan jajaran produk Fidelio sejak tahun 2012, Philips pun mulai dipertimbangkan oleh para konsumen maupun pengamat.

Salah satu seri dari jajaran produk Fidelio adalah S1; earphones yang diklaim oleh Philips memiliki kualitas premium dengan output sound high-fidelity (hi-fi).

Setelah kami coba, ternyata Philips Fidelio S1 cukup memenuhi ekspektasi Wasted Rockers, untuk standar earphones premium dengan kualitas sound hi-fi.

Pengalaman pertama kami menggunakan Fidelio S1 adalah sound surround dari audio yang dihasilkan. Output audio dari Fidelio S1 di telinga terasa lebar.

Lalu bagi pengguna yang suka memperhatikan teknis mixing dan detil-detil sound rekaman ketika mendengarkan musik, Fidelio S1 cukup bisa diandalkan (meski bukan untuk level yang serius, karena perangkat ini hanya earphones, bukan headphones).

Track-track audio di tiap lagu pun terdengar cukup baik presisinya via Fidelio S1. Bahkan di beberapa lagu yang didengar via Fidelio S1 seperti terpisah-pisah track-nya.

Beberapa album musik di smartphone kami yang dimixing dengan teknik mumpuni (bahkan yang dengan teknik 3D Audio Mixing) pun cukup bisa dinikmati dengan baik melalui earphones Philips Fidelio S1.

Treble juga jadi andalan di Fidelio S1, namun output-nya tidak cempreng, tetap padat dan ramah telinga.

‘Nempel’ di telinga

Pengalaman pengguna ketika menggunakan earphones pasti bakal berisi keluhan kalau earphones-nya tidak ‘nempel’ di telinga. Lain halnya dengan Fidelio S1, earphones ini memiliki bentuk housing unik dan berbeda untuk earbud-nya, sehingga bisa disesuaikan dengan kontur telinga dan menempel cukup erat.

Desain

Untuk desain, Fidelio S1 tampil cukup menawan dengan tema simpel dan elegan, meski agak sedikit mengingatkan kami akan earphone dari brand milik rapper/produser hip-hop ternama AS yang baru-baru ini diakuisisi oleh Apple.

Asesoris

Philips Fidelio S1 di dalam kemasannya hadir dengan bonus satu tas mungil untuk menaruh earphones, plus tiga pasang earbud cadangan dengan ukuran dan material yang berbeda.

Rekomendasi Wasted Rockers

Musik-musik untuk diputar via Philips Fidelio S1 menurut kami lebih cocok yang soft, karena bass di earphones ini tidak terlalu besar.

Lalu untuk sistem akustik Fidelio S1 tidak ditutup full (semi-closed), sehingga apabila menyetel musik-musik keras untuk akan hingar-bingar bercampur dengan noise dari luar.

Tapi menurut kami, sistem-akustik di earphones memang jangan ditutup full, karena bisa saja berdampak kurang baik bagi pengguna. Mengingat earphones saat ini banyak digunakan oleh konsumen melalui smartphone atau iPod, sambil mobile (bergerak). Tentu di sini kecelakaan lalu-lintas karena faktor penggunaan earphones tidak perlu dibahas.

Genre pop, hip-hop, soul, funk, RnB, electronic (yang non agresif) dan indiepop cocok untuk diputar di Fidelio S1. Rock dan metal tidak cocok diputar di earphones ini, karena hasil audionya akan sember/pecah.

Kesimpulan

Philips Fidelio S1 memang menawarkan kemampuan audio yang lebih ke pengguna earphones yang selalu mobile. Namun kadar penyajian audio oleh perangkat ini lebih cocok untuk dijadikan suasana latar atau pembangkit mood saja.

Kami pun lebih cocok menggunakan earphones ini di kala santai, bukan di saat suasana sedang riuh.

* foto: Philips Indonesia

~ by wastedrockers on 23/06/2014.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: