Wawancara WASTEDROCKERS Dengan DEAFHEAVEN

Deafheaven

Simak wawancara kami dengan DEAFHEAVEN, beberapa jam sebelum show mereka di Jakarta (8/5/2014). Di sini kami mewawancarai GEORGE CLARKE (vokalis) dan KERRY MCCOY (gitaris). Thanks to KAAMA KAAMA for make this happen.

1. Bagaimana respon dari album Sunbather (2013) sejauh ini?

George: Bagus. Sudah hampir berumur satu tahun album tersebut. Lebih banyak kesempatan untuk tampil live. Dan kami terus ambil (kesempatan tampil live tersebut). Sejauh ini sih positif.

Kerry: Ya. Bagus.

2. Banyak orang yang melabeli DEAFHEAVEN sebagai ‘sound baru dari black-metal’. Apa menurut kalian mengenai opini tersebut?

George: Saya tidak terlalu memikirkannya. Saya pikir orang-orang akan hadir dengan idenya masing-masing. Saya pribadi menerimanya sebagai pujian. Tapi saya tidak akan menanggapinya terlalu serius. Sangat senang juga kalau orang-orang menanggapi kami seperti itu…

Kerry: Kami tidak terlalu menganggap Deafheaven sebagai band black-metal. Kami pun tidak ingin membatasi diri di genre tersebut. Jika kami band black-metal, maka kami bukanlah salah satu band yang terpenting.

3. Saat ini banyak bermunculan band-band black-metal dengan sound yang segar seperti WOLVES IN THE THRONE ROOM, AGALLOCH dan lain-lain. Apa pendapat kalian mengenai movement tersebut?

George: Band-band tersebut banyak yang usianya sudah cukup lama. Saya rasa keren karena mereka terus melakukan apa yang mereka biasa lakukan. Meski kami masih satu genre utama dengan mereka, tapi yang kami lakukan dengan mereka berbeda.

Sangat senang juga band dengan karakter tersendiri albumnya mendapat respon yang bagus.

Kerry: Sangat menarik. Tapi yang paling terpenting adalah musiknya, yang menarik. Tidak masalah mau dijuluki apa genre-nya, siapa yang lebih besar, siapa yang lebih memimpin..

4. Di berbagai forum heavy-metal, terutama forum black-metal, banyak sekali pendapat pro-kontra mengenai DEAFHEAVEN. Apa pendapat kalian mengenai hal tersebut?

Kerry: Kami akan terus melakukan hal yang kami lakukan seperti biasa. Meski satu planet tidak ada yang menyukainya ataupun kami akan sebesar Metallica, kami akan tetap melakukan hal yang kami sukai.

George: Saat ini kami berada dalam posisi untuk coba tidak mendengarkan pendapat-pendapat online mengenai Deafheaven. Kami akan terus melakukan hal-hal yang kami pikir itu keren. Kami tidak peduli.

5. Sejauh ini dukungan seperti apa dari label kalian (DEATHWISH INC.) untuk album Sunbather?

George: Saya pikir Deathwish Inc. memperlakukan band-band mereka dengan adil. Dan mereka cukup baik dalam mempromosikan kami, begitu juga band-band lainnya di label tersebut. Seperti yang Kerry katakan sebelumnya, tidak ada kompetisi kami dengan band-band lainnya..

Kami tidak peduli dengan persaingan-persaingan band. Saya pikir Deathwish Inc. juga menyukai Sunbather dan berusaha agar banyak orang bisa mendengarkannya.

Kerry: Ya. Bagus kok.

6. Apa yang kalian ketahui mengenai scene di Indonesia?

Kerry: Hal terdekat yang saya ketahui adalah band bernama Dopamine, dan mereka berasal dari China. Bukan Indonesia. Hahaha…

George: Saya tidak terlalu familiar, tapi saya sudah mengecek A.L.I.C.E melalui internet dan akan menonton mereka malam ini.

Saat ini kami memang masih sibuk tur dengan band-band AS, sangat sibuk. Gila. Tapi keren sih manggung dengan band-band dari belahan dunia lain. Bertemu dengan banyak orang itu menyenangkan.

* Foto oleh: Sound Colour Vibration

~ by wastedrockers on 09/05/2014.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: