BANDA NEIRA – Berjalan Lebih Jauh (2013)

Banda Neira - Berjalan Lebih Jauh

Banda Neira ‘Berjalan Lebih Jauh’ CD (Sorge Records, 2013)
Banda Neira mungkin juga bisa disebut sebagai salah satu “fenomena internet” di scene indie lokal; bagaimana sebuah band antah-berantah dengan materi bagus mendapat respon luar biasa dari banyak pihak, yang otomatis langsung mengangkat popularitas band tersebut.

Duo acoustic / pop /folk ini terdiri dari dua alumnus Universitas Parahyangan, Bandung. Terbentuk pertama kali pada awal tahun 2012. Banda Neira pertama kali menghebohkan dunia maya pertengahan tahun lalu ketika merilis secara online lewat akun Soundcloud mereka, yakni Di Paruh Waktu EP (2012) dan Live EP (2012).

Karena lagu-lagu manis dan puitis ciptaan duo ini mendapat sambutan sangat meriah, maka teman-teman kampusnya dari Koperasi Keluarga Besar Mahasiswa (KKBM) Unpar dan Sorge Magazine (Unpar) atas nama Sorge Records, patungan untuk merilis full-album Banda Neira dalam format fisik.

Berjalan Lebih Jauh sendiri terdiri dari 10 lagu; empat lagu dari Di Paruh Waktu EP (yang direkam ulang) dan enam buah lagu baru.

Speaking of local acoustic / folk acts, akhir-akhir ini memang banyak talenta baru bermunculan; banyak yang bagus, namun hanya sedikit yang menggunakan lirik Bahasa Indonesia baik dan benar, plus puitis, Banda Neira pun memenuhi kriteria kami untuk urusan tersebut. Tidak mengherankan pula jika melihat latar belakang personilnya; Ananda Badudu (vokal & gitar) merupakan cucu dari J.S Badudu (Guru Besar Bahasa Indonesia Universitas Padjadjaran, yang dulu di era 70-an pernah punya program pendidikan Bahasa Indonesia di TVRI).

Meski mengusung musik acoustic dengan mayoritas tema melankoli, bukan berarti Berjalan Lebih Jauh membosankan. Alur di album ini menurut kami cukup bervariasi. Seperti lagu bernuansa oldies nan riang “Senja di Jakarta” yang mungkin cocok apabila dimainkan oleh White Shoes and The Couples Company. Lagu ode untuk orang tua “Di Beranda” pun cukup membuat hati ini terenyuh.

Lalu yang membuat kami cukup kaget di album ini adalah di tracks berjudul “Rindu” dan “Mawar”. Di kedua lagu ini Banda Neira bermain politis!

Lagu “Rindu” yang merupakan musikalisasi puisi karya Subagio Sastrowardoyo dipersembahkan untuk para keluarga korban penculikan / penghilangan paksa. Sementara lagu “Mawar” didedikasikan untuk para aktivis pro-demokrasi yang menjadi korban penculikan oleh tim Mawar, kesatuan Koppassus, TNI AD periode, 1997-1998. Lirik di lagu “Mawar” juga berisi puisi “Sajak Suara” karya sastrawan / aktivis Wiji Thukul (1963 – 1998 / ?)

Melihat dua lagu politis yang ditulis oleh Banda Neira sebenarnya juga tidak mengherankan apabila kita melihat (lagi) latar belakang para personilnya; Ananda Badudu (vokal & gitar) bekerja sebagai wartawan politik di sebuah media nasional, sementara Rara Sekar (vokal & xylophone) bekerja di sebuah LSM di Ubud, Bali.

Oh iya, meski album Berjalan Lebih Jauh dirilis format fisik bukan berarti Banda Neira sangat strict dalam “menjaga” lagu-lagunya. Catat: rilisan ini juga menggunakan lisensi Creative Commons, berjenis Attribution-NonCommercial-ShareAlike (CC BY-NC-SA); lisensi hak cipta yang memungkinkan pihak lain untuk me-remix & mengubah materi lagu artis asli untuk ruang lingkup non-komersil, dan tetap menuliskan nama artis asli  serta melisensikan karya baru hasil gubahan dengan istilah yang sama.

Jadi kalau beberapa waktu yang lalu Float dan Payung Teduh disebut sebagai band-band akustik dengan lirik Bahasa Indonesia yang indah dan puitis, maka dengan Berjalan Lebih Jauh, Banda Neira bisa disejajarkan dengan mereka.
(Kontak: @dibandaneira)
Genre musik: Acoustic, Pop, Folk
Untuk penggemar: Puisi-puisi Sastra Indonesia Angkatan ‘66, acara-acara Makrab mahasiswa, kemping kontemplasi di gunung, pelesir di pantai terpencil, api unggun bersama teman-teman kampus, novel-novel romantik haluan Kiri

Advertisements

~ by wastedrockers on 21/04/2013.

One Response to “BANDA NEIRA – Berjalan Lebih Jauh (2013)”

  1. […] Banda Neira Judul album: Berjalan Lebih Jauh Format: CD Label: Sorge Records Tahun: 2013 Genre: Alternative Style: Indie-Folk / Pop / Acoustic […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: